MENGAPA TOKEK BERBUNYI ???

     Tokek identik dengan suaranya yang merdu.. "Tok keeekk... Tookk keeekkk...", begitulah kurang lebih terdengarnya. Ada orang yang beranggapan jika bunyi "Tokek"nya antara 7 sampai 9 kali, tokek tersebut dapat membawa keberuntungan. Itu memang benar, JIKA, tokek tersebut dijual. Kita dapat untung bukan???

     Alasan mengapa tokek berbunyi belum diketahui jelas. Ada yang mengatakan sebagai tanda kalau tokek tersebut senang, sehingga bernyanyi-nyanyi. Ada pula yang mengatakan hal itu sebagai tanda bahwa tokek tersebut ingin kawin. 

     Namun, berdasarkan pengamatan yang cukup lama, kemungkinan besar bahwa bunyi tokek tersebut sebagai tanda tokek yang sedang mencari pasangan kawin, mengapa??
Begini penjelasannya:

     Setelah beberapa bulan mengamati, Saya dapatkan tokek yang berbunyi hanyalah tokek jantan saja. Tokek-tokek jantan ini Saya sendirikan kandangnya. Satu kandang berisi satu ekor tokek jantan. Tetapi ada juga pejantan yang Saya pasangkan dengan betinanya dalam satu kandang. Tokek yang berbunyi hanyalah pada tokek-tokek jantan yang sendirian di kandangnya. beberapa hari kemudian tokek-tokek jantan yang sendiri tersebut rutin berbunyi "thek thek thek, tokkkeekkk..". Setelah dipikir-pikir lagi, mungkin hal itu sebagai cara tokek jantan untuk menarik tokek betina saat ingin kawin. Lalu Saya coba untuk memasukkan tokek betina ke dalam kandang tokek jantan yang berbunyi tersebut. Benar saja ! belum ada 5 menit setelah itu, tokek jantan terlihat seperti "menggertak" tokek betina yang Saya masukkan. Saya pikir akan terjadi perkelahian, tapi ternyata tokek jantan itu malah menaiki tokek betina yang baru Saya masukkan, lalu kawinlah mereka.

     Dari itulah dapat disimpulkan bahwa suara atau bunyi "tokkkeeeekk" dihasilkan oleh tokek jantan dengan tujuan untuk mencari pasangan pada musim kawinnya.

     Dari beberapa sumber Kita sering melihat bahwa buyer hanya mencari tokek yang bisa bersuara saja, sebenarnya hal ini cukup menyulitkan bagi owner/pemilik tokek jika tokek yang akan dijual berjenis kelamin betina ataupun jantan yang baru bertemu betinanya. Karena jika tokek jantan telah melewati masa kawinnya akan berhenti bersuara untuk waktu yang cukup lama. Jadi, jika Kita akan membesarkan tokek jantan yang sudah rutin bersuara, jangan pernah dipertemukan dengan tokek betina untuk menjaga agar nyanyiannya terus berkumandang, kecuali untuk keperluan beternak tokek.