EKOR TOKEK CABANG, AJAIB KAH??

     Dalam beberapa kasus, sering Kita temukan ada tokek yang memiliki ekor cabang 2. Bahkan di beberapa foto ada yang bercabang 3 ataupun 4. Tentunya muncul pertanyaan di pikiran Kita, "Bagaimana hal itu bisa terjadi ??". Sebagian ada yang menganggapnya aneh bin ajaib, namun sebagian lagi meragukan keasliannya. Kita bebas memilih ada di pihak mana. 
     Karena keunikan dan kelangkaannya, pada awal kemunculannya, tokek ini dihargai jutaan bahkan hingga puluhan juta rupiah. Namun harga yang ditetapkan tidak pasti, tergantung pada seberapa besar buyer menginginkan tokek berekor cabang ini. Para buyer membeli tokek cabang ini untuk dikoleksi dan ada juga buyer  yang mempercayainya sebagai pembawa keberuntungan judi, bisnis dan usaha. Selain karena unik, ekor tokek yang bercabang juga dapat menambah berat tokek jika sudah tumbuh nantinya. Tetapi, perhatikan juga permintaan dan syarat-syarat dari buyer.
     Untuk mengejar peluang mendapatkan jutaan rupiah itulah yang mengawali munculnya ide di sebagian orang untuk membuat ekor tokek agar bercabang.
Membuat ekor tokek agar bercabang sebenarnya tidaklah sulit. Untuk membuatnya menjadi cabang 2 rahasianya hanyalah memberi pembatas di tengah-tengah bagian yang terputus dengan kawat, benang, atau benda lainnya yang dapat memberi penghalang di tengah-tengah bagian ekor yang putus. Sehingga nantinya pada saat ekor mulai tumbuh akan terpisah menjadi 2 bagian. Untuk menjadikannya cabang 3, tinggal memberi tambahan penghalang yang membagi bagian ekor yang putus tadi menjadi 3 bagian. 
     Namun, melakukan hal ini tidaklah etis dan sangat tidak dibenarkan jika akan menyakiti hewan tersebut, terlebih jika dengan segaja memutuskan ekor tokek untuk mencetaknya agar menjadi bercabang. Tetapi jangan lupa lho, masih banyak juga orang yang menjual tokek ekor bercabang yang alami. 
Maka dari itu, sebaiknya Kita bijak dalam menyikapinya.