TOKEK BERTELUR

 
Telur  Tokek

     Telur tokek memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan telur-telur hewan reptil lainnya, yaitu telur tokek menempel pada tempatnya bertelur sehingga bentuknya pun kadang tidak bulat atau lonjong sempurna, melainkan sedikit rata di bagian sisi telur yang menempel. Telur-telur tokek pun juga sering menempel 1 dengan yang lainnya.
     Jika dibandingkan dengan telur cicak, telur tokek jauh lebih besar. Karena, di dalam telur tokek, cabang bayi tokek besarnya sama seperti cicak dewasa, dengan kepala yang besar tentunya.

     Tokek bertelur sebanyak 1 hingga 4 butir telur. Telur ini menempel dengan erat sekali. Jika telah menempel, hampir dipastikan tidak bisa kita pindahkan dengan utuh.
Telur tokek pun rawan tersenggol oleh tokek yang hilir mudik, ini bisa menyebabkan telur tokek pecah. 
Maka dari itu, kita harus mengantisipasi dengan sesegera mungkin mengambil telurnya dengan sangat perlahan mengikis bagian bawah telur tersebut. 
     Bentuk antisipasi yang lebih dianjurkan yaitu dengan mendesain kandang yang diberi sebuah kotak atau bambu di dalamnya, sehingga kita bisa segera mengambil kotak tersebut saat keadaan kosong, hanya terdapat telur tokek di dalamnya. 
Kandang yang kita desain juga harus terjangkau oleh tangan kita.