TIPIKAL TOKEK

     Tokek rumah yang selama ini berharga selangit jika telah menginjak berat tertentu, memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara tokek satu dengan yang lainnya. Perbedaan karakteristik inilah yang membuat terkadang Kita menjadi sulit untuk memperkirakan bagaimana akan memperlakukan tokek yang akan dibesarkan. Namun, jika Kita telah mengetahui kondisi dan situasi yang disukai oleh tokek peliharaan Kita, akan menjadi mudah sekali untuk membesarkannya.
     Tokek rumah yang liar, akan sangat agresif dan bertipe menyerang. Akan sangat berbahaya jika menangkapnya dengan tangan kosong. Dianjurkan untuk menangkap dengan sarung tangan tebal atau yang lebih bagus lagi dengan mendesak tokek agar masuk ke kardus atau semacamnya. Setelah dikandangkan, tokek dengan tipikal liar seperti ini akan sangat gusar pada awalnya, namun sehari dua hari tokek akan menganggap seperti rumahnya sendiri, sereot apapun kandangnya. Maka dari itu, tempatkan tokek langsung pada kandang yang permanen dan praktis pembersihannya. Agar kedepannya Kita akan mudah merawat dan menjaga kebersihan kandangnya hingga waktu yang lama. Karena membesarkan tokek membutuhkan waktu berbulan-bulan.
      Ada lagi tokek yang bertipe pemalu. Tokek seperti ini tidak terlalu bernafsu untuk menyerang, kecuali keadaan sangat terpojok. Pada umumnya tokek betina yang bertipikal seperti ini. Karena pemalunya, tokek ini tidak mau makan jika ada yang melihat. Jika Kita kandangkan, akan membutuhkan kardus kecil di dalamnya. Kardus ini sebagai tempat sembunyinya tokek. Hampir bisa dipastikan tokek yang pemalu akan langsung nagcir masuk ke dalam kardus ketika Kita membuka kandang. Dan hanya keadaan hening dan aman yang bisa membuat tokek ini keluar dari tempat persembunyiannya. Untuk memberi makan, Kita hanya perlu memberi 4 hingga 5 ekor jangkrik ke dalam kandangnya. Pastikan kandang menggunakan jaring rapat dan kecil agar jangkrik tidak menerobos keluar. Atau bisa juga jangkrik kita masukkan ke gelas, lalu berikan pada tokek. Setelah memberi makan, segera tinggalkan tokek. Cek lagi keesokan harinya. Jika jangkrik berkurang atau terdapat kotoran tokek, itu berarti tokek bagus nafsu makannya.
     Lain lagi dengan tipe tokek sebelumnya, ada pula tokek yang tidak pemalu, namun tidak pula suka menyerang, dan anehnya tidak juga jinak. Pada umumnya tokek seperti ini adalah tokek yang sebelumnya telah terbiasa melihat kerumunan manusia tapi jarang disentuh. Untuk nafsu makan diawal biasanya kurang. Cukup lama untuk memulihkan nafsu makannya. Dibutuhkan kesabaran dalam perawatan tokek dengan tipikal seperti ini. Tapi jangan salah sangka dulu, tokek seperti inilah yang paling kuat dalam bertahan hidup meskipun dipindah-pindahkan kandangnya.


Nah, itulah sekedar informasi dan berbagi sesama pencinta tokek.. Hidup TOKEK MANIAA !!!